Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,22 June 2018

Bawa Ponsel Saat Olahraga Bisa Pengaruhi Postur

Dumai – Bawa ponsel saat olahraga bisa bermanfaat, terutama bagi yang mengandalkan aplikasi kebugaran di dalamnya. Namun secara umum, ada risiko yang harus ditanggung antara lain masalah pada postur.

Sebuah penelitian tentang hal itu dipublikasikan di Computers in Human Behavior and Performance Enhancement & Health baru-baru ini. Penelitinya, Michael Rebold, PhD menyebut bahwa ponsel bisa mengurangi balance atau keseimbangan saat olahraga.

“Jika Anda menelepon atau berkirim SMS dengan ponsel saat sedang berjalan, perhatian terpecah dan itu bisa mengganggu stabilitas postural,” katanya, dikutip dari Sciencedaily, Senin (16/1/2017).

Penelitian yang melibatkan 45 mahasiswa sebagai objek pengamatan ini mengungkap bahwa stabilitas postural berkurang 45 persen saat mengetik SMS, dibandingkan saat olahraga tanpa membawa ponsel. Berbicara lewat telepon mengurangi stabilitas hingga 19 persen.

Stabilitas berkurang, risiko cedera pun meningkat. Rebold mengingatkan bahwa dampaknya juga bisa berpengaruh pada masalah muskuloskeletal, alias tulang dan otot.

Tapi jangan khawatir, ponsel tidak memberikan pengaruh yang signifikan jika dibawa hanya untuk mendengarkan musik. Demikian tulis Rebold dalam penelitiannya.

Baca Juga:  Riset Buktikan Bawa Ponsel Saat Olahraga Bisa Turunkan Denyut Jantung

Ini bukan kali pertama para ilmuwan mengaitkan ponsel dengan dampak buruk saat olahraga. Diberitakan sebelumnya, penggunaan ponsel saat olahraga bisa menurunkan denyut jantung hingga 5-10 persen. Denyut jantung berkurang, berarti intensitas olahraga juga menurun.

Komentar

komentar