Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,20 August 2018
Ilustrasi (IST)

Bermain di Tanah Bikin Anak Tidak Gampang Sakit

Dumai – Ada banyak hal tentang kesehatan anak yang dapat membuat orang tua khawatir. Daftar penyakitnya saat ini bahkan sudah semakin memanjang. Penyakit-penyakit anak mulai dari penyakit autoimun seperti eksim, atau asma alergi kacang, alergi susu, dan gangguan perilaku seperti ADHD (Atention Deficiency and Hyperactivity Disorder) bermunculan.

Tapi, bagaimana kalau kita bisa mencegah masalah kesehatan hanya dengan membuat anak bermain di tanah? Dalam buku barunya, Healthy food, Healthy Guts, Happy Child, Dr Maya Shetreat-Klein mendukung gaya hidup yang berpusat dengan pengenalan anak pada mikroba yang ada di tanah.

“Orang tua saat ini menjaga anak-anak untuk jauh dari hal yang sebenarnya sangat penting untuk kesehatan mereka. Misalnya, orang tua cenderung menjaga anak-anak untuk tetap bersih dan menggunakan antibiotik saat anak sakit,” ujar Klein, yang juga seorang ahli saraf pediatrik di New York.

Namun, seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, menjadi jelas bahwa microbiota, jutaan mikroba yang terbawa dalam usus kita, memainkan peran penting dalam kesehatan dan kekebalan. Dan memiliki beragam mikroba itu adalah hal yang baik. Nah, dalam buku Klein, dijelaskan bagaimana kadar protektif orang tua yang terlalu tinggi pada mikrobiota di alam membuat anak lebih rentan terhadap kondisi seperti alergi.

“Sistem kekebalan tubuh yang sehat diibaratkan ingin bertemu dan menyapa banyak organisme yang berbeda dan senyawa, ini yang membuat tubuh sehat, bila organisme dalam tubuh menjadi sedikit, sistem kekebalan tubuh akan mulai menyerang makanan dan hal-hal lainnya,” jelas Klein, dikutip dari Telegraph.

Lebih lanjut, Klein menyarankan agar dapat mengonsumsi makanan yang kaya organik, dan membantu anak untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin di luar rumah.

“Dorong mereka untuk bermain di tanah. Bergabunglah dengan mereka, buatlah kue lumpur dan jangan takut untuk membiarkan anak, mengambil satu atau dua gigitan,” ujar Klein.

Klein juga menerapkan cara ini pada keluarganya. Suami dan tiga anak-anaknya menghabiskan waktu di akhir pekan dengan berada di luar rumah sebanyak mungkin. Klein juga mengonsumsi sayuran yang ditanam di kebun mereka. Pengalaman mengajarinya tentang hubungan antara apa yang kita makan, bagaimana kita hidup dan kesehatan fisik kita. (dtc)

Komentar

komentar