Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,20 August 2018

Calon Sekda Dumai Diuji Kemampuan Menganalisa dan Berpikir

Dumai – Proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kota Dumai memasuki tes tertulis dan presentasi pada seleksi terbuka, yang diikuti oleh enam pejabat eselon II.

Enam pejabat Dumai calon sekda ini, Kepala Badan Perencana Pembangunan Marjoko Santoso, Kepala Dinas Tenaga Kerja Amiruddin, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian UKM Hamdan Kamal.

Kemudian, Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Zulkarnain, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Muhammad Nasir dan mantan Kepala Bappeda Surya Irianto.

Seorang pelaksana tim penilai dari Badan Kepegawaian Diklat Provinsi Riau Indah Sari Amita menyebutkan, tes tertulis tahapan seleksi kompetensi manajerial ini berlangsung dua hari hingga Rabu (11/1), meliputi psikometri dan penulisan proposal.

“Tes bertujuan untuk melihat kemampuan menganalisa dan berpikir kepemimpinan calon sekretaris daerah dalam menyikapi berbagai persoalan di daerah,” kata Indah pada awak media, Selasa (10/1/2017).

Dijelaskan, tes yang dilakukan bersamaan dalam waktu terbatas ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil penulisan proposal yang ditulis tangan oleh calon sekda dihadapan tim penilai.

Proposal yang ditulis harus berkaitan dengan soalan kondisi permasalahan di sebuah daerah dan bagaimana calon sekda mencarikan solusi atas persoalan tersebut dengan baik dan benar.

“Tim penilai juga akan mengajukan pertanyaan kepada calon sekda untuk menggali lebih jauh pola pikir dan kepemimpinan terhadap rencana solusi atas persoalan yang dialami suatu daerah tersebut,” sebutnya.

Sebelumnya, enam nama aparatur sipil negara ini telah dinyatakan lolos administrasi tahapan pendaftaran calon sekda berdasarkan ketentuan dan kelengkapan persyaratan yang harus terpenuhi.

Dalam tahapan tes tertulis dan presentasi ini, enam calon sekda selanjutnya akan mengikuti tes Leaderlist Group Discussion dan sesi wawancara. (Antara)

Komentar

komentar