Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,27 May 2018

Kapolda Riau: Siapapun Terlibat Karhutla Kita Sikat!

Pekanbaru – Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Zulkarnain berjanji akan menuntaskan masalah pembalakan liar menyusul temuan penggundulan hutan di Kabupaten Pelalawan.

“Siapapun terlibat kita sikat. Pelaku pembakar lahan baik perorangan maupun korporasi. Tidak ada toleransi,” tegas Kapolda di Pekanbaru, Jumat (13/1/2017).

Dalam beberapa kesempatan, Kapolda Riau menyatakan sangat mengambil berat masalah pembalakan liar yang terjadi di wilayahnya.

Ia mengatakan pembalakan liar merupakan salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang saban tahun terjadi di Riau.

“Kami akan datangi TKP (tempat kejadian perkara). Akan kami upayakan selesaikan masalah pembalakan liar,” tegas Kapolda lagi.

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru dalam sepekan terakhir memantau kebakaran hutan dan lahan menggunakan pesawat tempur F16, Hawk 100/200 dan Super Puma.

Sejatinya pesawat-pesawat tempur dari Skadron Udara 16 dan 12 itu untuk patroli udara dan tempur udara.

Hasilnya, TNI AU yang dikomandoi Marsma Henri Alfiandi itu berhasil memetakan sejumlah titik api, terutama di wilayah Pelalawan, Riau. Selain itu pada Kamis kemarin (12/1) ditemukan juga aktivitas pembalakan liar di kawasan Marsatwa Kerumutan, Pelalawan.

Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Nurendi menegaskan Riau harus bebas asap 2017 ini. Dia meminta agar seluruh pihak mulai dari instansi pemerintahan, TNI, Polri dapat menggalakkan operasi terpadu sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta aksi pembalakan liar. (Antara)

Komentar

komentar