Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi pemadaman lahan yang terbakar (IST)

Kebakaran Lahan di Pelalawan Akhirnya Dipastikan Padam

Pekanbaru – Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau sejak pertengahan pekan ini berhasil diatasi.

“Hari ini kebakaran di sana sudah berhasil diatasi dan dipastikan benar-benar padam,” kata Sekretaris Manggala Agni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Ihsan Abdillah dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat (14/1/2017).

Ihsan mengatakan petugas gabungan sempat kesulitan memadamkan kebakaran di lokasi itu. Penyebabnya adalah sulitnya medan yang dijangkau serta terbatasnya sumber air.

“Kendala utama sumber air yang sangat terbatas. Tapi Alhamdulillah berhasil diatasi dengan kerja keras tim,” ujarnya.

Meski terbakar, Ihsan bersyukur lantaran lokasi tersebut bukan merupakan lahan gambut melainkan tanah berkontur mineral. Sehingga lebih mudah untuk diatasi meski tetap dihadapkan beragam kendala.

Lebih jauh, selama pemadaman berlangsung dia mengatakan timnya melihat sejumlah orang di sana. Mereka seolah tidak menganggap adanya tim yang berusaha memadamkan api.

“Kebakaran ini pasti disengaja. Semoga tidak terulang lagi,” tuturnya seraya menjelaskan luas terbakar diperkirakan 3 hektare.

Titik kebakaran lahan itu awalnya ditemukan prajurit TNI AU Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin saat patroli udara menggunakan Helikopter NAS 332 Super Puma, Kamis pagi.

Titik api diketahui berada di area bekas hak pengusahaan hutan (HPH) dan hanya berjarak lima kilometer dari kawasan TNTN.

Sejak Kamis kemarin (12/1), prajurit TNI AU Roesmin Nurjadin terlibat langsung dalam memantau kondisi kebakaran hutan dan lahan. Pantauan dilakukan menggunakan pesawat tempur F16 dan Hawk 100/200.

Sedianya pesawat tempur dari skadron udara 16 dan 12 itu melakukan patroli keamanan dan latihan. Namun, secara bersamaan dilakukan untuk memantau titik-titik api yang mulai bermunculan selama sepekan terakhir. (Antara)

Komentar

komentar