Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Foto: (jalan2.com)

Kuansing akan Kembangkan Wisata Air Terjun Batang Koban

Kuantan Singingi – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau bakal membangun dermaga wisata air terjun Batang Koban sebagai wujud peningkatan objek wisata lokal tahun 2017.

“Kami sudah mengusulkan anggaran dan program itu agar secepatnya di realisasikan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Wilayah melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Erwan di Teluk Kuantan, Jumat (6/1/2017).

Ia mengatakan, anggaran untuk pembangunan dermaga di Air Terjun Batang Koban, Kecamatan Hulu Kuantan sudah diusulkan tahun 2016 lalu, semua pihak diminta untuk ikut membantu agar program ini berjalan lancar demi untuk kepentingan bersama.

Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim merespon positip untuk kemajuan sejumlah objek wisata lokal lebih menjadi perioritas karena peningkatan fasilitas dan sarana wisata menunjang besarnya jumlah wisatwan masuk ke Kuansing.

” Ini juga program pemerintah khususnya Riau, selain adanya sejumlah aspirasi masyarakat,” sebutnya.

Pembangunan dermaga di Air Terjun Batang Koban rencananya akan dibuat semacam turap dan juga dibangun tangga ke setiap tingkat di air terjun tersebut, selain semenisasi di samping kiri kanan jalan.

” Lebih indah dibangun pintu gerbang di lokasi dermaga, serta home stay sebagai tempat peristirahatan pengunjung di setiap tingkat,” terangnya.

Sebab, air terjun Batang koban memiliki tujuh tingkat, dengan ketinggian sekitar 100 meter, jika dibangun dermaga beserta tangga dan jalan lingkar atau dibenahi kawasan obyek wisata tersebut, pasti bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kuansing yang semakin hari terlihat banyak.

” Ini juga berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat setempat jika objek wisata terkelola dengan baik,” ujarnya.

Salah satu warga Kuantan Singingi Ongah menyebutkan, keseriusan pemerintah dalam membangun sejumlah fasilitas pendukung objek wisata perlu di apresiasi, selama ini hanya terkesan anggaran minim sehingga banyak yang terabaikan.

” Sudah saatnya puluhan objek wisata terkelola secara optimal,” sebutnya.

Selain itu, Kuansing layak memiliki beberapa desa atau kecamatan wisata dengan harapan dapat membantu peningkatan ekonomi warga setempat.

Komentar

komentar