Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,11 December 2018

Sudah 3 Hari Kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh Terbakar

Pekanbaru – Minimnya curah hujan dan mulai memasuki musim kemarau, kawasan hutan lindung Bukit Betabuh di Kabupaten Kuansing Riau saat ini terbakar. Tim sudah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Gafur menjelaskan, kebakaran lahan di hutan lindung itu sudah berjalan selama tiga hari ini. Kondisi kebakaran di lahan mineral ini sulit ditembus tim darat karena daerah perbukitan.

“Kalau luasnya saya tidak tahu pasti, tapi lumayan luas. Kawasan mineral yang terbakar sebenarnya mudah dipadamkan dibanding gambut. Persoalannya, pemadaman hanya lewat darat dan medan yang cukup sulit terjangkau,” kata Gafur, Rabu (11/1/2017).

Saat ini tim pemadaman dari Pemkab Kuansing dan Manggala Agni sudah berada di lokasi. Tim sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan pemadaman agar tidak semakin meluas.

“Lokasi hutan lindung Bukit Betabuh itu berbatasan dengan Kabupaten Damas Raya, Sumatera Barat,” kata Gafur.

Menurut Gafur sebenarnya untuk mempercepat pemadaman dibutuhkan helikopter untuk melakukan pemadaman lewat udara. Hanya saja, saat ini Satgas Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan belum dibentuk di Riau pasca pembubaran Satgas di akhir tahun 2016 lalu.

“Heli memang belum ada dikerahkan ke sana, kan Satgasnya sekarang belum terbentuk,” kata Gafur. (dtc)

Komentar

komentar