Pariwisata dan Situs Cagar Budaya Kota Dumai

Published date: 12/09/2016


1. Danau Bunga Tujuh. Terletak sekitar 8 Km. dari pusat kota, tepatnya di Bukit Jin. Wilayah objek wisata ini memiliki luas areal 47,65 Ha.

2. Hutan Wisata. Ini merupakan hutan alami yang dilindungi. Luas kawasannya sekitar 44 Ha. Terletak sekitar 12 Km. dari pusat kota.

3. Makam Siti Laut. Situs cagar budaya ini terletak di Kelurahan Pangkalan Sesai, tepatnya di Jl. Teduh, atau sekitar 3 Km. dari pusat kota ke arah barat. Menurut cerita rakyat, Siti Laut merupakan seorang wanita yang setia pada rajanya. Kala itu dibuat galang lancang kuning (perahu), dan untuk menurunkan perahu itu ke air diperlukan syarat seorang wanita hamil jolong (hamil pertama kali). , yang rela dijadikan galang lancang kuning (perahu) untuk menurunkan perahu tersebut. Akhirnya perahu tersebut diberikan raja pada Siti Laut.

4. Pantai Puak. Berada di kawasan Pantai Puak, Kecamatan Medang Kampai. Pesona yang ada berupa pantai yang berhadapan dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka.

5. Pasanggrahan Putri Tujuh. Terletak di kawasan kilang PT. Pertamina Refinery Unit II Dumai. Pesanggrahan ini dipercaya sebagai tempat persembunyian para tujuh puteri dari kerajaan Sri Bunga Tanjung akibat kerajaannya diserang Kerajaan Temiang Aceh.

6. Goa Pelintung. Terletak di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai. Lokasinya sekitar 35 Km. dari pusat kota. Goa ini dikenal juga dengan Bukit Kerudung (menyerupai kerudung). Konon menurut cerita rakyat, dulunya adalah tempat penyimpanan harta hasil perompakan oleh bajak laut Negeri Siam.

7. Makam Pawang Leon. Makam ini merupakan situs cagar budaya yang terletak di Kelurahan Pelintung,Kecamatan Medang Kampai. Lokasinya berjarak sekitar 25 Km. dari pusat kota. Pawang Leon dipercaya masyarakat sebagai seorang sakti yang mampu membuka wilayah Pelintung pada jaman dulu.

8. Makam Tok Kedondong. Situs cagar budaya ini berada di Kawasan Industri Patra Dock, atau sekitar 4 Km. dari pusat kota.

9. Pantai Teluk Makmur. Berada di kawasan Pantai Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, ke arah utara. Pesona yang ada di pantai ini berupa pantai dan perkampungan wisata Melayu yang berhadapan dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka.

10. Tapak Harimau Sakti. Situs cagar budaya ini terletak tidak jauh dari situs Pawang Leon, di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai (sekitar 25 Km. dari pusat kota). Jejak tapak harimau ini merupakan tapak harimau sakti asuhan Pawang Leon, yang sekali jejak membekas di batu.

Hubungi Share

Nyaman mendapat info di Edisi Dumai

  • Edisi Dumai selalu memeriksa setiap listing yang masuk dan berusaha senantiasa memastikan bahwa listing yang masuk valid.
  • Bacalah dahulu informasi listing dengan jelas sebelum menghubungi pengiklan.
  • Hindari modus penipuan dengan meminta sejumlah uang.
  • Setiap informasi Anda kami perlakukan dengan privasi penuh dan tidak akan kami pindahtangankan kepada pihak yang tidak berhak.

Related listings

  • Ulasan Dumai Dalam Angka 2016

    Ulasan Dumai Dalam Angka 2016

    Sekilas Kota Dumai - - 07/09/2016

    Kota Dumai (Ulasan Dumai dalam Angka 2016) GEOGRAFIS Kota Dumai terletak pada posisi antara 1 0 23’ – 1 0 24’–23’ Lintang Utara dan 1010 23’37’ - 1010 28’ 13’ Bujur Timur. Kota Dumai mempunyai luas 1,727.38 Km2 dengan batas-batas wilayah sebagai beri...